Kamis, 06 Oktober 2011

Pengendalian Penyakit Cacingan Pada Ternak dengan Buah Pinang


Penyakit cacingan atau helminthiasis terkadang masih kurang diperhatikan oleh para peternak karena tidak menimbulakan kematian yang mendadak dan tinggi seperti flu burung. Padahal penyakit ini mampu menimbulkan kerugian yang besar. Waktu serangannya sulit diketahui tiba-tiba produktivitas ternak menurun.
Cacingan biasanya masuk kedalam tubuh ternak melalui beberapa cara diantaranya melalui telur cacing atau larva yang dimakan induk semang (siput, kumbang, dll) Larva cacing juga dapat di bawa oleh peternak itu sendiri atau terbawa induk semang perantara selain itu juga dapat terbawa melalui pakan atau air minum yang tercemar oleh telur cacing.
Penyakit cacingan pada domba/kambing biasanya disebabkan oleh cacing jenis cacing hati, cacing gelang, cacing lambung dan cacing mata. Secara umum tanda-tanda ternak terserang cacingan yaitu badan lesu, lemah dan pucat, bulu kasar dan tidak mengkilat, pertumbuhan lambat dan kadang-kadang mencret.
Pengendalian cacingan pada ternak merupakan salah satu usaha untuk mendapatkan hasil peternakan yang optimal. Cara pengendalian cacing yang bisa dilakukan oleh peternak yaitu sebaiknya ternak sebelum dikandangkan harus bebas dari cacing luar dengan cara dimandikan, serta menghindari ternak dari tempat yang lembab dan digenangi air dimana tempat tersebut banyak terdapat larva cacing serta pemberian obat cacing secara teratur.
Pengendalian cacing dengan memberikan obat anti cacing mutlak harus dilakukan oleh para peternak agar ternaknya terhindar dari serangan cacing dan mendapatkan hasil ternak yang optimal. Pada saat ini obat anti cacing yang bisa digunakan oleh peternak sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai merek dagang, namun obat anti cacing yang ada dipasaran harganya cukup mahal.
Disamping pengobatan cacing dengan menggunakan obat pabrikan peternak juga dapat menggunakan obat anti cacing alternatip yang bahannya ada disekitar lingkungan peternak. Bahan yang bisa digunakan oleh peternak untuk pengobatan cacingan yaitu dengan memanpaatkan buah pinang.
Buah pinang yang akan di gunakan untuk pengobatan cacingan yaitu buah pinang yang sudah matang. Adapun cara pembuatan obat cacing dengan menggunakan puah pinang yaitu: buah pinang yang sudah tua ditumbuk halus kemudian disangrai sampai kering lalu diambil satu sendok teh lalu dicampur dengan 250 ml air kemudian di minumkan ke ternak.
Sebaikanya ternak sebelum dan sesudah di beri obat anti cacing di puasakan terlebih dahulu tujuannya yaitu agar obat anti cacing yang diberikan terkonsumsi oleh ternak dan waktu kontak obat dengan cacing di saluran cerna semakin lama sehingga pengobatan lebih efektip. Namun sebaiknya ternak yang lagi bunting jangan di berikan obat anti cacing.(san)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar